Pemahaman Generasi Muda Mengenai Teks Berita Clickbait oleh Detikcom

Mishbah El Yaser
Mahasiswa Pascasarjana Magister Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Andalas
Meyelyaser28@gmail.com

Abstrak:
Generasi muda (milenial dan gen Z) merupakan generasi yang tengah menikmati kemajuan internet, khususnya dalam hal literasi. Di Indonesia, generasi ini mendominasi jumlah pengguna internet yang dilakukan oleh lembaga kredibel. Jumlahnya yang terbilang besar bagi perusahaan media merupakan komoditi yang sangat menguntungkan. Media massa beralih ke ranah online dengan menciptakan situs portal berita yang mudah diakses. Sebagai pembaca berita daring, masyarakat menaruh harapan adanya kepuasan yang didapatkan setelah mengklik dan membaca berita yang disampaikan oleh media online. Tetapi perusahaan media melihat jumlah pembaca berita sebagai komoditi yang menghasilkan jumlah viewers yang dapat menjadi daya tarik untuk memasang iklan. Di sinilah awal mula media memberlakukan praktik jurnalisme umpan klik (clickbait journalism). Penelitian ini bertujuan mengetahui pemahaman generasi muda terhadap teks berita clickbait oleh detikcom. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan objek penelitian teks-teks berita clickbait yang terdapat pada portal berita detik.com yang telah memenuhi ciri-ciri berita berjudul clickbait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para pembaca berita online memahami teks-teks berita clickbait yang disampaikan oleh detikcom. Pembaca berita berada pada dua posisi, yaitu mereka yang tertarik pada teks berita clickbait dan mereka yang sama sekali tidak tertarik. Teks-teks berita clickbait yang ditulis redaksi detikcom (walaupun tidak semuanya menyimpang) ternyata tidak dijadikan sebagai referensi bacaan harian oleh pembaca berita daring, selain itu berbagai kanal berita detikcom tidak luput dari praktik jurnalisme umpan klik, sehingga teks berita yang demikian berpeluang tidak menambah wawasan, tidak informatif, tidak mendidik, dan hanya akan berakhir sebagai polusi informasi di media sosial.

Kata kunci: detikcom, clickbait.

Teks Lengkap :
Download


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *