Ade Faulina
(1920862002)
Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Andalas
adefaulina@yahoo.com
ABSTRAK – Pandemi covid 19 yang berlangsung hampir satu tahun terakhir telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di berbagai penjuru dunia. Tidak terkecuali bagi masyarakat Indonesia. Aspek-aspek kehidupan yang selama ini berada dalam kondisi mapan mau tidak mau harus mampu menyesuaikan diri dan bertahan. Baik sisi sosial, ekonomi, budaya, agama, pendidikan, dsb. Namun demikian pandemi covid 19 ini juga menimbulkan gejala baru di tengah masyarakat yaitu semakin meningkatnya kebutuhan berbelanja secara online atau online shopping. Baik itu bagi pengguna (user) lama maupun baru yang notabenenya belum pernah menggunakan aplikasi (fitur) online shop yang tersedia di new media. Keberadaan online shop yang semula hanya sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan, hari ini justru dimanfaatkan secara intens untuk melakukan berbagai transaksi. Maka untuk mengetahui bagaimana gambaran utuh fenomena online shopping sebagai gaya hidup di tengah masa pandemi covid 19, peneliti akan berupaya menggali hal tersebut dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan strategi studi kasus. Sehingga pada akhirnya dapat diketahui kebenaran hal ini dan memahaminya dari berbagai sisi.
KATA KUNCI : online shop, online shopping, pandemi covid 19, new media, gaya hidup
TEKS LENGKAP:
Download
Leave a Reply