Globalisasi dan Identitas Budaya Indonesia Melalui Aplikasi Tiktok

Oktarina
Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan globalisasi dan identitas budaya di Indonesia melalui aplikasi Tiktok. Di Indonesia, aplikasi Tiktok menjadi salah satu aplikasi yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Melalui globalisasi teknologi komunikasi ini, diberikan pengaruh yang cukup besar terhadap  identitas dan perilaku masyarakat Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang merupakan metode pengkajian untuk mengungkap sebuah keadaan, fakta, dan fenomena. Hasil penelitian menjelaskan bahwa aplikasi Tiktok merupakan sebuah media sosial yang mulai menggerus identitas dan kebudayaan lokal Indonesia.

Kata kunci: globalisasi, identitas budaya, new media, Tik Tok

 

Abstract

This study aims to explain globalization and cultural identity in Indonesia through the Tiktok application. In Indonesia, the Tiktok application is one of the most popular applications by various groups. Through globalization, communication technology has a significant influence on the identity and behavior of the Indonesian people. This research was conducted using a qualitative descriptive method which is an assessment method to reveal a situation, fact, and phenomenon. The results of the study explain that the Tiktok application is a social media that has begun to erode local identity and Indonesian culture.

Keywords: globalization, culture identity, new media, Tik Tok

Teks Lengkap :
Download


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *